Senin, 20 Januari 2014

ANALIS HADITS QUNUT 

                                                    





HADITS PERTAMA 
Dari Muhammad bin Sirin, bahwa ia berkata, �aku berkata kepada anas bin malik r.a, �apakah 
rasulullah saw. qunut pada sholat   Shahih shubuh? �ia menjawab, �ya, sesaat setelah rukuk.�
Muslim ( I:468no.298) 
HADITS KEDUA 
Dikatakan oleh Umar bin Ali Al Bahiliy, dikatakan oleh Khalid bin Yazid, dikatakan Abu Ja?far 
Ar-Razy, dari Ar-Rab i? bin Anas berkata : Anas ra ditanya tentang Qunut Nabi saw bahwa 
apakah betul beliau saw berqunut sebulan, maka berkata Anas ra : beliau saw selalu terus 
berqunut hingga wafat, lalu mereka mengatakan maka Qunut Nabi saw pada shalat subuh selalu 
berkesinambungan hingga beliau saw wafat, dan mereka yg meriwayatkan bahwa Qunut Nabi 
saw hanya sebulan kemudian berhenti maka yg dimaksud adalah Qunut setiap shalat untuk 
mendoakan kehancuran atas musuh musuh, lalu (setelah sebulan) beliau saw berhenti, namun 
Qunut di shalat subuh terus berjalan hingga beliau saw wafat. 
Berkata Imam Nawawi : mengenai Qunut subuh, Rasul saw tak meninggalkannya hingga beliau 
saw wafat, demikian riwayat shahih dari anas ra. (Syarah Nawawi ala shahih Muslim) dan hadits 
tersebut juga dishahihkan an-Nawawi dalam al--nya Majmu?(III:504). Ia berkata, �Hadits 
tersebut shahih dan diriwayatkan oleh sejumlah penghapal hadits, dan mereka menshahihkannya. 
Diantaranya yang menshahihkannya adalah al-- Hafizh Abu Abdillah Muhammad bin �Ali al
Balkhi, al--Baihaqi. Hadits itu Hakim Abu �Abdillah dalam beberapa judul kitabnya, dan al
diriwayatkan juga oleh ad-Daruquthni dari berbagai jalan periwayatan dengan sanad yang 
shahih �
Dan berkata Imam Ibnu Abdul Barr : sungguh telah shahih bahwa Rasul saw tidak berhenti 
Qunut subuh hingga wafat, diriwayatkan oleh Abdurrazaq dan Addaruquthniy dan di shahihkan 
oleh Imam Alhakim, dan telah kuat riwayat Abu Hurairah ra bahwa ia membaca Qunut shubuh 
disaat Nabi saw masih hidup dan setelah beliau saw wafat, 
Dan dikatakan oleh Al Hafidh Al Iraqiy, bahwa yg berpendapat demikian adalah Khulafa yg 
empat (Abubakar, Umar, Utsman dan Ali radhiyallahu?anhum), dan Abu Musa ra, Ibn Abbas ra, 
dan Al Ba-rra?, dan lalu diantara para Tabiin : Hasan Albashriy, Humaid, Rabi? bin khaytsam, 
Sa?id ibn Musayyab, Thawus, dan banyak lagi, dan diantara para Imam yg berpegang pada ini 
adalah Imam Malik dan Imam Syafii, 
Walaupun ada juga yg mengatakan bahwa Khulafa Urrasyidin tidak memperbuatnya, namun kita 
berpegang pada yg memperbuatnya, karena jika berbenturan hukum antara yg jelas dilakukan 
dengan yg tak dilakukan, maka hendaknya mendahulukan pendapat yg menguatkan 
melakukannya daripada pendapat yg menghapusnya. (Syarh Azzarqaniy alal Muwatta Imam 
Malik). 
Sebagian ulama mengkritik hadits ini (Ibnu Hambal dan An--Fallas, Ibnu Nasa?I, Abu Zur?ah, Al
Hibban)  karena bagaimana bisa sanadnya menjadi shahih sedang rawi yang meriwayatkannya 
dari Ar--Razy. Rab i? bin Anas adalah Abu Ja?far �Isa bin Mahan Ar
Penjelasan : 
Ibnu Hajar Al-Asqalaniy dalam Taqrib-Tahdzib Beliau berkata : �Shoduqun sayi?ul hifzh 
 khususon �anil Mughiroh (Jujur tapi jelek hafalannya, terlebih lagi riwayatnya dari Mughirah).
Tetapi perlu diketahui disini bahwa Abu ja?far itu jelek hafalannya dalam meriwayatkan hadits 
dari mughirah saja, sebagaimana dikatakan oleh para imam ahli hadits yang menganggap bahwa 
Abu ja?far itu tsiqah(terpercaya). Mereka yang menganggapnya tsiqah, seperti yahya bin Mu?in 
(1) dan ali bin al-Maldini . Hadits ini tidak diriwayatkan oleh Abu ja?far dari Mughirah. Tetapi ia 
meriwayatkannya dari ar--disini- haditsnya shahih. Rabi? bin Anas, sehingga 
(1). Adalah Abu al--Maldiniy al-Bashriy, dilahirkan tahun Hasan Ali Ibnu Abdullah Ibnu Ja?far al
161 H dan wafat 234 H. 
Berkata Imam Ibnu Hajar AL Asqalaniy : Dan telah membantah sebagian dari mereka dan 
berkata : Telah sepakat bahwa Rasul saw membaca Qunut Subuh, lalu berikhtilaf mereka apakah 
berkesinambungan atau sementara, maka dipeganglah pendapat yg disepakati (Qunut subuh), 
sampai ada keterangan yg menguatkan ikhtilaf mereka yg menolak (Fathul Baari Bisyarah shahih 
Bukhari oleh Imam Ibn Hajar Al Asqalaniy) 
HADITS KETIGA 
Ada orang yg berpendapat bahwa Nabi Muhammad saw melakukan qunut satu bulan saja 
berdasarkan hadits Anas ra, maksudnya: 
�Bahwasanya Nabi saw melakukan qunut selama satu bulan sesudah rukuk sambil mendoakan 
kecelakaan  atas beberapa orang Arab kemudian Rasulullah meninggalkannya.� Diriwayatkan 
oleh Bukhari dan Muslim. 
->: 
Hadith daripada Anas tersebut kita akui sebagi hadits yg sahih karena terdapat dlm kitab Bukhari 
dan Muslim. Akan tetapi yg menjadi permasalahan sekarang adalah kata:(thumma tarakahu= 
Kemudian Nabi meninggalkannya). 
Apakah yg ditinggalkan oleh Nabi itu ? 
Meninggalkan qunutkah ? Atau meninggalkan berdoa yg mengandung kecelakaan  atas orang- 
orang Arab? 
Untuk menjawab permasalahan ini  kita perhatikan baik2 penjelasan Imam Nawawi dlm Al- 
maksudnya: Majmu?jil.3,hlm.505 
 Hurairah r.a dlm ucapannya dengan (thumma �Adapun jawapan terhadap hadits Anas dan Abi
tarakahu) maka maksudnya adalah meninggalkan doa kecelakaan ke atas orang2 kafir itu dan 
meninggalkan laknat terhadap mereka saja. Bukan meninggalkan seluruh qunut atau 
meninggalkan qunut pada selain subuh. Pentafsiran spt ini mesti dilakukan karena hadits Anas di 
 duniadlm ucapannya �sentiasa Nabi qunut di dlm solat subuh sehingga beliau meninggal? adalah 
sahih lagi jelas maka wajiblah menggabungkan di antara kedua- duanya.�
Al-Hafizh al-Imam Baihaqi meriwayatkan dalam as-sunan al-Kubra (II:201) dari al-Hafizh 
nya beliau berkata, maksudnya: �AbdurRahman bin Madiyyil, bahwasa
 �Hanyalah yg ditinggalkan oleh Rasulullah itu adalah melaknat.�
Tambahan lagi pentafsiran spt ini dijelaskan oleh riwayat Abu Hurairah ra yg berbunyi, 
maksudnya: 
 �Kemudian Nabi menghentikan doa kecelakaan ke atas mereka.�
Dengan demikian dapatlah dibuat kesimpulan bahwa qunut Nabi yg satu bulan itu adalah qunut 
nazilah dan qunut inilah yg ditinggalkan, bukan qunut pada waktu solat subuh. 
HADITS KEEMPAT 
Al--Nahdi tentang qunut. Ia ?Awwan bin hamzah berkata,� aku bertanya kepada Abu �Utsman an
menjawab, �setelah rukuk.? Aku berkata, �Dari siapa engkau mengetahui hal itu?? Ia menjawab, 
(2) (II:212 Dar al - Fikr)dengan sanad �Dari Abu Bakar dan Utsman r.a. (HR. Ibnu Abi Syaibah 
yang shahih). 
(2). Adalah Abu Al-Hasan Utsman ibnu Muhammad ibnu Abu Syaibah al-kuufiy.dilahirkan 
 tahun 156 H dan wafat tahun 239 H. kitab beliau �Mushannaf Ibnu Abu Syaibah.
HADITS KELIMA 
rang sahabat Rasulullah saw. yang biasa qunut �Abdullah bin Ma?qil r.a. meriwayatkan, �Dua o
- dalam shalat shubuh adalah �Ali r.a. dan Abu Musa r.a (HR.Ibnu Abi Syaibah(II:211 Dar al
Fikr).dengan sanad yang shahih). 
HADITS KEENAM 
(3) Abu Utsman an-Nahdi -Khattab r.a qunut dengan kami setelah Meriwayatkan,� Umar bin al
rukuk dan mengangkat kedua tangannya sampai keliatan ketiaknya, dan suaranya pun terdengar 
dari belakang masjid.(HR.Ibnu Syaibah(II:215 Dar al-Fikr) dengan sanad yang Hasan. 
(3). Abu Utsman an-Nahdi adalah seorang imam hadits yang tsiqah tsabit termasuk orang yang 
haditsnya diriwayatkan oleh imam yang enam. 
Juga diriwayatkan dari Abu Utsman an-Nahdi r.a bahwa, �Umar r.a mengangkat kedua 
tangannya pada qunut shubuh. 
HADITS KETUJUH 
Abu Hurairah r.a juga meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. suka qunut setelah bangkit dari 
rukuk rakaat kedua shalat shubuh.(HR. Muhammad bin Nashr al-Marwazi dalam Mukhtashar 
Qiyam al-Lail (hal.137) dengan sanad yang shahih. 
HADITS KEDELAPAN 
-ubuh dengan kami Abu Raja? al?Atharidi berkata, �Abdullah bin Abbas r.a qunut pada shalat sh
-Mushannaf(II:211) dan sanadnya shahih seperti di Bashrah�.(HR.Ibnu Syaibah dalam al
terangnya matahari. 
HADITS KESEMBILAN 
(4) Ibnu Abi Laila r.a  -temurun Berkata, �Qunut dalam shalat shubuh merupakan tradisi yang turun
(sunnah madhiyah). (HR. Ibnu Abi Syaibah (II:211) dengan sanad yang shahih. 
-Anshari al- (4). Nama lengkap Ibnu Abi Laila adalah Imam �Abdurrahman bin Abi Laila al
Madani al-Kufi, seorang tsiqah dan faqih termasuk periwayat hadits dalam kitab yang enam. Ia 
dilahirkan pada masa khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq atau sebelumnya. Ia belajar membaca 
alquran kepada khalifah �Ali bin Abu thalib r.a dan bersahabat dengannya. Ia wafat pada 
peristiwa al-jamajim. 
 �HADITS DOA QUNUT SHUBUH�
HADITS PERTAMA 
Dari Abu Hurairah ra. Ia berkata: Adalah Rasulullah saw. Bila bangun dari ruku dalam  shalat 
shubuh pada rakaat yang kedua beliau mengangkat kedua tangannya dan membaca doa qunut 
Allaahummahdinii fiiman  �hadaiit�����
HR. Hakim dan berkata: �Hadits shahih dan ditambahkan dalam hadits tersebut lanjutan doa � 
Falakal hamdu �alaa maa qadlait�..� HR. Baihaqiy dari ibnu Abbas (Subulus salam Juz I /188) 
Dan Imam al- Baihaqiy dan Thabaraniy menambahkan: � Walaa yaizzu man �Adait�.(Subulus 
salam I /186). 
HADITS KEDUA 
Dari Muhammad Ibnu al-Hanafiyah Ibnu Ali Ibnu Abu Thalib ra. Ia berkata : Bahwa doa ini 
(Allaahummahdinii�..) adalah doa yang diajarkan ayahku kepadaku untuk dibaca pada shalat 
shubuh   yaitu pada qunut shalat shubuh�. HR. Baihaqiy (Sunan Baihaqiy juz II/210).
HADITS KETIGA 
Dari Ibnu Abbas r.a Ia berkata : Bahwa Rasulullah saw. mengajarkan kepadanya doa ini 
(Allaahummahdinii�.) yang dibaca dalam qunut shubuh�. HR. Baihaqiy (Sunan Baihaqiy Juz II 
/210). 
HADITS KEEMPAT 
-Abu Rafi? Nafi? bin Rafi? ashSha?igh Meriwayatkan: � Aku shalat shubuh dibelakang �Umar bin 
al-Khattab r.a setelah rukuk, ia qunut. Aku mendengar ia membaca: 
� Allaahumma innaa nastaii?nuka wanastag?firuka wanusynii a?laika walaanakfuruka 
wanu?minubika wanakhlau? wanatruka mayyafjuruka, Allaahumma iyyaakana?budu walaka 
nushollii wanasjudu wailaika nas a? wanahfadu wanarjuu rohmataka wanakhofu a?dzaabaka inna 
  a?dzaabaka bilkuffaa rimulhaqq�������
(5)  dalam al - Mushannaf  (III:210 no.4968) dengan sanad yang shahih mengikuti HR. �Abdurrazaq 
syarat Imam Muslim dan diriwayatkan pula oleh yang lain. 
Imam �Abdurrazzaq r.a mengatakan, � Ketika aku menjadi Imam, aku membaca doa qunut ini, 
Allaahummahdinii fiiman hadaiit  kemudian membaca : ���.�
-Himyari Ash-(5). Adalah Abu Bakar Abdur Razzaq Ibnu Hammam Ibnu Nafi? alShan?aniy. 
Dilahirkan pada tahun 126 H. wafat Tahun 211 H. Kitab beliau dikenal dengan sebutan 
 �Mushannaf Abdurrazzaq�.
(93-179H) Doa qunut serupa ini juga yang dipilih Imam Malik ibnu Anas berdasarkan riwayat dari 
An-nawawi, Al- III/436). Ubayy bin Ka?b (lihat Majmu?
  - �Jawaban atashadits Sa?ad bin Thariq yg juga bernama Abu Malik AlAsja?I� 
-�Dari Abu Malik AlAsja?i, beliau berkata: Aku pernah bertanya kepada bapakku, wahai bapak ! 
sesungguhnya engkau pernah shalat di belakang Rasulullah saw, Abu Bakar, Usman dan Ali bin 
Abi Thalib di sini di kufah selama kurang lebih dari lima tahun. Adakah mereka melakukan 
qunut?. 
Tirmidzy no.402 Dijawab oleh bapaknya: �Wahai anakku, itu adalah bid?ah.� Diriwayatkan oleh 
->: 
Kalau benar Saad bin Thariq berkata begini maka sungguh mengherankan karena hadits2 tentang 
Nabi dan para Khulafa Rasyidin yg melakukan qunut sangat banyak dan ada di dlm kitab 
 Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, Abu Daud, Nasa?i dan Baihaqi.
Oleh itu ucapan Saad bin Thariq tersebut tidaklah diakui dan terpakai di dalam mazhab Syafie 
dan juga mazhab Maliki. 
Hal ini disebabkan oleh karena beribu-ribu orang telah melihat Nabi melakukan qunut, begitu 
pula sahabat Rasulullah. Manakala hanya Thariq seorang saja yg mengatakan qunut itu sebagai 
 amalan bid?ah.
Maka dlm kasus ini berlakulah kaedah usul fiqih yaitu: 
 �Almuthbitu muqaddimun a?la annafi�
Maksudnya: Orang yg menetapkan lebih didahulukan atas orang yg menafikan. 
Tambahan lagi orang yg mengatakan ADA jauh lebih banyak daripada orang yang mengatakan 
TIDAK ADA. 
Seperti inilah jawaban Imam Nawawi didalam Al- jilid.3,hlm.505, maksudnya: Majmu?
ban kita terhadap hadits Saad bin Thariq adalah bahwa riwayat orang-orang yang �Dan jawa
menetapkan qunut terdapat pada mereka itu tambahan ilmu dan juga mereka lebih banyak. Oleh 
 itu wajiblah mendahulukan mereka�
Pensyarah hadith Turmizi yakni  juga memberikan komentar yg sama terhadap Ibnul �Arabi
hadith Saad bin Thariq itu. Beliau mengatakan:�Telah sah dan tetap bahwa Nabi Muhammad 
saw melakukan qunut dalam shalat subuh, telah tetap pula bahwa Nabi ada qunut sebelum rukuk 
atau sesudah rukuk, telah tetap pula bahwa Nabi ada melakukan qunut nazilah dan para khalifah 
di Madinah pun melakukan qunut serta  Umar bin khattab r.a mengatakan bahwa qunut itu 
sunnah,telah pula diamalkan di Masjid Madinah. Oleh itu janganlah kamu dengar dan jgn pula 
 ambil perhatian terhadap ucapan yg lain daripada itu.�
Dgn demikian dapatlah kita fahami ketegasan Imam Uqaili yg mengatakan bahwa Saad bin 
Thariq itu jangan diikuti haditsnya dlm masalah qunut.() Mizanul I?tidal jil.2,hlm.122
Untuk mendalami masalah qunut shubuh dapat dibaca pada kitab: 
Al-Badai I/273. A-Lubab 1/78. Fathu al-Qadir I/309. Ad-Durru al-Muhtar I/626-628. Al-Syarhu 
al-Shaghir I/331. Al-Syarhu al-Kabir I/248. Al-Qawanin al-Fiqhiyyah hal.61. Mughniy al- 
Muhtaj I/166. Al-Majmuk II/474-490. Al-Muhadzab I/81. Hasyiyah al-Bajuriy I/168. Al-Fiqh al- 
Islamiy wa-adillatuhu I/809-814. 
Dan untuk lebih lengkapnya dan serinci-rincinya silahkan merujuk kepada karangan Hasan bin 
--Qaul al-Mabtut fi Shihhati Hadits Shalah ash-Shubh bi al- �ali Assaqqaf yang diberi judul �al
Qunut�

0 komentar:

Posting Komentar